Main Article Content

Abstract

Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan antara kinerja atau hasil yang dirasakan dengan yang diharapkannya. Pada dasarnya kepuasan kerja merupakan hal yang bersifat individual karena setiap individu akan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku dalam diri setiap individu. Semakin banyak aspek yang sesuai dengan keinginan individu, maka semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pelayanan pasien BPJS di Puskesmas Kemaraya Kota Kendari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan cross sectional study. Populasi adalah seluruh peserta BPJS di Puskesmas Kemaraya Kota Kendari. Jumlah sampel sebanyak 82 responden. Penelitian ini menggunakan uji Chi-square test.
Hasil uji statistik pada tingkat signifikasi x2tab 3,841, diperoleh hasil ada hubungan antara kecepatan pelayanan dengan kepuasan pasien BPJS (x2hit= 15,177), ada hubungan antara sikap pelayanan dengan kepuasan pasien BPJS ( x2hit= 17,935 ), ada hubungan antara ketersediaan obat dengan kepuasan pasien BPJS (x2hit= 6,502 ).
Kesimpulan menunjukkan bahwa kepuasan pelayanan pasien BPJS berhubungan dengan semua variabel penelitian. Olehnya itu disarankan perlu memperhatikan keluhan dari pasien dalam memberikan pelayanan, membuat program dalam memberikan pelayanan yang sesuai dengan standar yang berlaku kepada pasien.
Kata Kunci : Kepuasan pelayanan pasien BPJS, Kecepatan pelayanan, Sikap pelayanan, Ketersediaan obat


 

Keywords

Kepuasan pelayanan pasien BPJS, Kecepatan pelayanan, Sikap pelayanan, Ketersediaan obat

Article Details

How to Cite
Andi Waldi, Tasman , T. and Hartian Dode (2019) “FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PELAYANAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS KEMARAYA KOTA KENDARI”, Miracle Journal of Public Health , 2(1), pp. 10-18. doi: 10.36566/mjph/Vol2.Iss1.5.

References

  1. BPJS Kesehatan. 2014. Panduan Layanan bagi Peserta BPJS Kesehatan. Jakarta : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.
  2. Adaninggar, Setya. 2014. Review of Helth Insurance Claims BPJS Procedure in RSJD DR.Amino Gondohutomo Central java
  3. Province. http://www. Bpjs-kesehatan.go.id/. Diakses tanggal 10 juni 2018.
  4. Pohan, Imbalo S. 2003. Dasar-Dasar Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Kesaint Blanc.
  5. Puskesmas Kemaraya. 2017. Profil Puskesmas Kemaraya Kota Kendari 2016. Kendari: Puskesmas Kemaraya.
  6. Wijono, Djoko. 2008. Manajemen Puskesmas-Kebijakan dan Strategi. Surabaya: CV. Duta Prima Airlangga.
  7. Wahab, R.B. 2012. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Mandiri (Persero) TBK Makassar [Skripsi].
  8. Rahman, Arip. 2006. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap di RS Islam Tasikmalaya [Tesis]. FKM Universitas Indonesia Jakarta.
  9. Retnowati, Noor Anggraini. 2010. Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Formal Dengan Kesediaan Melakukan Tes HIV (Human Immunodeficiency Virus) di Surakarta [Skripsi]. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  10. Rosyidi, Kholid. 2013. Manajmen Kepemimpinan Dalam Keperawatan. Jakarta: Trans Info Media.
  11. Karinawati, Tina, dkk. 2017. Hubungan Inerja Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Panti Waluya Malang [Skripsi].
  12. Silviana, Eva R. 2013. Hubungan Kinerja Petugas Kesehatan Dengan Pelayanan Puskesmas Berbasis Masyarakat Di Kerek Kabupaten Tuban Tahun 2013. http://Lppm.stikesnu.com. Diakses tanggal 10 juni 2018.
  13. Huda, Nur, dkk. 2014. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan BPJS terhadap Kepuasan Pasien di Poli Klinik THT Rumkital dr. Ramelan Surabaya.
  14. Khoiruliza, Lia risqi. 2013. Hubungan Kinerja Perawat Dalam Memberikan Asuhan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Di RSUD Kabupaten Pekalongan. http://e-skripsi.stikesmuh-pkj.ac.id. Diakses tanggal 10 juni 2018.