Main Article Content

Abstract

Masyarakat menginginkan suatu pelayanan yang sesuai dengan harapan mereka. Mutu pelayanan kesehatan sebagai salah satu bagian dari manajemen akan memberikan berbagai manfaat bagi manajemen suatu instansi. Oleh karena itu, setiap pemberi layanan kesehatan atau profesi layanan kesehatan yang secara langsung melayani pasien perlu memiliki keterampilan, termasuk dalam berkomunikasi dengan konsumen/pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-faktor yang berhubungan dengan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Wundulako Kabupaten Kolaka.
Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan cross sectional study. Populasi adalah seluruh pasien rawat jalan di Puskesmas Wundulako Kabupaten Kolaka. Jumlah sampel sebanyak 88 responden. Penelitian ini menggunakan uji Chi-square test.
Hasil uji statistik pada tingkat signifikasi x2tab 3,841, diperoleh hasil ada hubungan antara fasilitas dengan mutu pelayanan dengan nilai (x2hit= 26,631), ada hubungan antara disiplin petugas dengan mutu pelayanan dengan nilai ( x2hit= 8,046), ada hubungan antara prosedur pelayanan dengan mutu pelayanan dengan nilai (x2hit= 5,115).
Kesimpulan menunjukkan bahwa mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Wundulako Kabupaten Kolaka berhubungan dengan semua variabel penelitian. Oleh karena itu pihak Puskesmas perlu meningkatkan fasilitas Puskesmas serta meningkatkan disiplin petugas dan melakukan pekerjaan sesuai prosedur pelayanan.

Keywords

Mutu pelayanan Fasilitas Disiplin petugas Prosedur pelayanan

Article Details

How to Cite
Buyung Febryanto, Tasman Tasman and Jumartin Gerung (2019) “FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS WUNDULAKO KABUPATEN KOLAKA”, Miracle Journal of Public Health , 2(1), pp. 56-63. doi: 10.36566/mjph/Vol2.Iss1.15.

References

  1. Pohan. 2016. Manajemen Administrasi Puskesmas. Jakarta: Universitas Indonesia.Depkes. RI. 2012. Pedoman Kerja Puskesmas, Jilid 1. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.Gufran. 2015. Pengantar Administrasi Kesehatan, Edisi Ketiga. Jakarta: Binarupa Aksara.Kemenkes RI. 2014. Fasilitas kesehatan. Jilid 1. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.Karim. 2014. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.Kusnawati. 2012. Pedoman lokakarya Mini Puskesmas. Jakarta.Azwar. 2012. faktor-faktor yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Palanro Kabupaten Barru [Skripsi].Puskesmas Wundulako. 2017. Profil Puskesmas.Setia, Budi. 2014. Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien rawat Inap Rumah Sakit Umum Laki Padada Kabupaten Tana Toraja [Tesis].Magister Kesehatan Masyarakat (tidak diterbitkan), Fakultas Kesehatan Masyarakat UNHAS, Makassar.