Main Article Content

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah Buton Utara saat ini memfokuskan pemberian pelayanan kesehatan berkualitas yang diharapkan dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kepuasan pasien Rawat Inap terhadap pelayanan RSUD Kabupaten Buton Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey deskriptif. Sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan besaran sampel 45 Responden. Data primer diperoleh dari responden yang dikumpulkan oleh peneliti melalui pengisian kuesioner.


Hasil penelitian menunjukan bahwa kecepatan mendapatkan pelayanan sudah baik karena ada sekitar 51,1% yang menyatakan telah mendapatkan pelayanan dengan cepat. Kecepatan mendapatkan layanan di semua aspek akan mendukung kepercayaan masyarakat dalam hal memilih pelayanan kesehatan untuk menangani masalah kesehatannya oleh karena itu kualitas layanan rumah sakit harus tetap ditingkatkan untuk menjaga mutu rumah sakit. Untuk sikap ramah dan sopan petugas di Rumah Sakit Umum daerah Buton Utara menunjukkan bahwa secara garis besar pasien atau responden menganggap bahwa petugas kesehatan sebagian besar bersikap ramah serta sopan santun terhadap pasien yang berkunjung ke Rumah sakit. Pelayanan yaang diberikan oleh rumah sakit yang berupa kemudahan, kecepatan, hubungan, kemampuan dan keramahtamahan yang ditujukan melalui sikap dan sifat dalam memberikan pelayanan untuk kepuasan konsumen.

Article Details

How to Cite
Ikhsan Akbar, M. and Risky MS, S. (2020) “HUBUNGAN KECEPATAN MENDAPATKAN LAYANAN, RAMAH DAN SIKAP SANTUN PETUGAS KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BUTON UTARA”, Miracle Journal of Public Health , 3(1), pp. 11-17. doi: 10.36566/mjph/Vol3.Iss1/119.

References

  1. 1. Akbar, M. I. Analysis Of The Needs Of General Practitioners In Public Health Centers Using Health Workload Method. Public Health of Indonesia, 2020; 6(2): 63-69.
  2. 2. Lupiyoadi R. Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Salemba Empa; 2006.
  3. 3. Suwuh MK, Maramis FR, Wowor RE. Hubungan Antara Kualitas Jasa Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Walantakan Kecamatan Langowan Utara. KESMAS. 2018;7(3):122-115.
  4. 4. Parasuraman A, Zeithaml VA, Berry LL. Servqual: A Multiple-Item Scale For Measuring Consumer Perc. Journal of retailing. 1988;64(1):112-105.
  5. 5. Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Utara. Profil RSUD Buton Utara 2018. Buranga; 2018.
  6. 6. Notoadmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2006.
  7. 7. Hadiyati I, Sekarwana N, Sunjaya DK, Setiawati EP. Konsep Kualitas Pelayanan Kesehatan berdasar atas Ekspektasi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Majalah Kedokteran Bandung. 2017;49(2):102-109.
  8. 8. Lahinda VS, Pelealu F, Maramis F. Hubungan Kualitas Jasa Pelayanan Tenaga Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Pada Ruang Rawat Inap Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak (Rsia) Kasih Ibu Manado Tahun 2017. Media Kesehatan. 2017;9(3):157-149.
  9. 9. Hasan S, & Putra, A. H. P. K,. Loyalitas Pasien Rumah Sakit Pemerintah: Ditinjau Dari Perspektif Kualitas Layanan, Citra, Nilai dan Kepuasan. Jurnal Manajemen Indonesia. 2018;18(3):184-196.
  10. 10. Nofiana H, Sugiarsi S. Hubungan Mutu Pelayanan Pendaftarandengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Karanganyar. Rekam Medis. 2011;5(1):87-90.
  11. 11. Sektiyaningsih IS, Haryana A, Rosalina SS. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan, Citra dan Loyalitas Pasien pada Unit Rawat Jalan RSUD Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Journal Of Business Studies. 2019;4(1):87-79.
  12. 12. Rahayuningsih, Lilik Anggar Sri. Hubungan Antara Kecepatan Pelayanan Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Amanah Ibu Surakarta. INFOKES Journal. 2017;7(1):181-171.
  13. 13. David D, Hariyanti, T., & Lestari, E. W,. Hubungan Keterlambatan Kedatangan Dokter terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Jalan. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 2014:28(1):31-35.
  14. 14. Nadila, Rizky Hardiyanti, Yuniarsih R. Kualitas Pelayanan Kesehatan Kepada Ibu Hamil Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sekadau Pada Tahun 2017. PUBLIKA- Jurnal Ilmu Administrasi Negara. 2019;8(3):152-145.
  15. 15. Mailani F, Fitri N. Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Di Ruang Rawat Inap RSUD Dr. Rasidin Padang. Jurnal Endurance. 2017;2(2):203-208.
  16. 16. Butar-butar J, Simamora RH. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Ners Indonesia. 2016;6 (1):50-63.
  17. 17. Silalahi JY, Fitriani AD, Megawati M. Analisis Mutu Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Di Rumah Sakit Advent Medan. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis's Health Journal). 2019;6(1):21-9.
  18. 18. Rusnoto R, Purnomo M, Utomo TP. Hubungan Komunikasi Dan Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. 2019;10(2):343-9.
  19. 19. Rusnoto R, Cholifah N, Kusmiyati Y. Hubungan Pelayanan Keperawatan dan Komunikasi Terapeutik dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus. Proceeding of The URECOL. 2019:838-849.